Bawang Putih dan 10 Manfaatnya yang Ajaib




Bawang putih atau dalam bahasa Latin Allium sativum adalah umbi yang dapat dimakan yang berasal dari tanaman dalam keluarga Lily. Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan bukan hanya sebagai rempah-rempah penyedap masakan, tetapi juga dipercaya sebagai obat yang mujarab bagi berbagai penyakit.

Bawang putih umumnya digunakan sebagai suplemen diet bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga mengidap penyakit jantung. Bawang putih sebagai obat penurun tekanan darahmemang sudah sangat terkenal. Bawang putih juga sangat lazim digunakan untuk mencegah berbagai jenis kanker, misalnya kanker usus besar dan kanker perut.

Bawang putih yang telah dikupas dan dibersihkan dapat langsung dimakan mentah-mentah atau bisa pula dimasak terlebih dahulu. Bawang putih juga dapat dikeringkan atau dibuat bubuk dan dimasukkan ke dalam kapsul jika memang aromanya cukup mengganggu. Siung bawang putih yang mentah juga dapat digunakan untuk membuat minyak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi bawang putih sebaiknya dilakukan secra rutin sebagai bagian dari diet untuk menurunkan resiko kanker.

Bawang putih tampaknya aman digunakan untuk orang dewasa, meskipun efek samping seperti bau nafas dan bau badan, serta reaksi alergi bagi beberapa orang mungkin terjadi terutama bila mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Manfaat bawang putih mentah

Sementara itu, bawang putih juga dapat mengencerkan darah atau mengurangi darah membeku dengan cara yang agak mirip dengan kinerja aspirin. Jadi perlu diperhatikan untuk berhati-hati mengkonsumsi bawang putih jika berencana akan menjalani operasi, perawatan gigi, atau bagi yang memiliki kelainan pendarahan.

Bawang putih juga memiliki fungsi melapangkan penyempitan pembuluh darah dan menghilangkan penyakit yang menyertai penyempitan pembuluh darah, antara lain pusing dan sembelit.

Bawang putih juga dipercaya dapat memperlancar menstruasi, meredakan radang selaput lendir, menyembuhkan luka akibat digigit serangga, serta mampu mengentalkan air mani.

Hal menarik dari bawang putih adalah kemampuannya menjadi penawar bagi segala jenis racun atau bersifat antitoksin. Misalnya saja mampu menyembuhkan racun alami dan racun ular. Untuk racun alami dapat ditambahkan dengan susu murni dan juga telur mentah untuk menguatka khasiatnya. Ramuan ini sekaligus dapat membersihkan usus dan membunuh cacing-cacing di dalam usus, mengeluarkan semia residu yang merusak di dalam usus, dan tentu saja menurunkan tekanan darah tinggi.

Seorang profesor dari Jerman, Haan Reuter pernah melakukan percobaan dengan memasukkan beberapa siung bawang putih pada makanan dari sekelompok sukarelawan. Hasilnya, persentase lemak kolesterol pada darah mereka menurun secara signifikan, bahkan di bawah persentase kolesterol darah milik kelompok lain yang mengkonsumsi keju biasa.

Profesor Reuter kemudian berkata, "Bawang putih tidak hanya membersihkan darah dari unsur lemak saja, melainkan juga membunuh mikroba, terutama mikroba yang menyebabkan batuk dan dipteria". Bahkan menurutnya bawang putih lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan penisilin dan juga antibiotik biasa lainnya.

Beberapa siung bawang putih digunakan untuk tujuan medis, karena banyak mengandung minyak yang mudah menguap dan juga komponen belerang di dalamnya.

Bau menyengat yang tercium dari mulut orang yang memakan bawang putih dapat dihilangkan dengan memakan apel atau minum sesendok madu dan bisa juga dengan mengunyah beberapa butir kopi.

Selain itu bawang putih sangat bagus untuk mencegah flu. Banyak dokter yang menganjurkan untuk orang yang tidak dapat memakan langsung bawang putih dapat secara langsung menggosokkannya pada baki salad.

Berikut ini adalah 10 manfaat ajaib bawang putih bagi kesehatan tubuh:

  1. Membersihkan usus dan menstimulus kerja usus agar maksimal
  2. Memperbaiki saraf
  3. Menghentikan diare yang disebabkan oleh mikroba (disentri)
  4. Digunakan melalui dubur untuk menghentikan disentri
  5. Menghilangkan pasir batu ginjal dengan cara dicapur dengan seledri, minyak zaitun, dan perasan jeruk dan meminumnya sebelum makan pagi
  6. Mengaktifkan kerja jantung, menurunkan tekanan darah, dan menstimulus peredaran darah.
  7. Menyembuhkan penyakit sistem pernafasan seperti batuk rejan dengan cara tetesan air perasan bawang putih dicampur dengan air jeruk dan diberikan setiap empat jam sekali kepada penderita
  8. Mengatasi asma dan batuk. Caranya, cukup campurkan 2 sendok makan madu hitam dan satu siung bawang putih yang sudah dihaluskan, lalu biarkan selama 2-3 jam. Kemudian disaring. Bisa juga dengan menggunakan blender.
  9. Menghilangkan pembusukan usus
  10. Menghilangkan batu ginjal dengan cara ditambahkan susu yang sudah difermentasikan sehingga menjadi salad susu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel