Cara Mudah Membuat Air Barley/Jelai

 


Tidak banyak yang tahu kalau Barley atau Barli atau Jelai atau Jali-Jali dapat dibuat minuman yang kaya akan manfaat. Konsumsi Barley telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu.

Barli adalah jenis biji-bijian yang menyerupai bentuk gandum, mempunyai tekstur yang agak kenyal dan sedikit rasa manis alami. Barley mengandung gluten. Barley kaya akan nutrisi seperti protein, serat, asam amino esensial, kalsium, vitamin A, B kompleks, E, seng, magnesium, dan zat besi.

Barli memiliki nama ilmiah Hordeum vulgare. Pada masa awalnya tanaman ini banyak dikonsumsi di wilayah Timur Tengah. Barli merupakan salah satu sumber serat terbaik, maka tak heran kalau Barli kerap dijadikan makanan utama dan juga minuman yang sangat baik bagi kesehatan.

Beberapa fakta menarik dari minuman Barli adalah minuman ini memiliki 11 kali kalsium lebih kaya dibandingkan susu kambing, 5 kali lebih besar zat besi dibandingkan bayam, dan 7 kali lebih besar kandungan vitamin c dibandingkan jeruk. Selain itu, Barli juga dikenal membantu mempercantik kulit.

Beberapa manfaat Barli di antaranya yaitu:

- Membantu mencegah pengeroposan tulang dan athritis

- Menyehatkan hati, jantung, dan fungsi otak

- Mmbantu menurunkan berat badan

- Menjaga keseimbangan gula darah

- Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

- Membantu menurunkan berat badan

- Membantu menangkal radikal bebas

Minuman Barley (sumber: cookpad)


Sebenarnya ada banyak resep membuat minuman Barli yang enak. Berikut ini adalah salah satu resep yang mudah untuk membuat air jelai yang kaya manfaat ini.

Bahan-bahan:

- 10 sendok makan biji barli

- 5 helai daun pandan

- 6 sendok gula (boleh diganti pemanis lain sesuai selera)

Cara membuat:

1. Cuci bersih biji barli terlebih dahulu. Lalu rendam selama 1-3 jam

2. Masukkan semua bahan-bahan yaitu biji barli, daun pandan, gula ke dalam air rebusan.

3. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

Air Barli bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin sesuai selera. Boleh juga ditambahkan kayu manis untuk menambah cita rasa. Bila disimpan di dalam kulkas, air barli bisa tahan 3-5 hari.

Sumber: Kelabmama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel