Resep Obat Cacing Dengan Tanaman Temu Giring

 


Temu giring atau kuning gajah (Curcuma heyneana) adalah sejenis tumbuhan yang biasanya dignakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Temu giring kadang kala dianggap sepele, padahal tanaman ini menyimpan banyak khasiat dan kegunaan. Salah satunya yaitu sebagai obat cacing yang ampuh. Sebelum membahas resep obat dengan Temu Giring ini, mari kita mengenal lebih dekat tanaman yang biasa ditemukan di pekarangan rumah ini yuk.

Temu giring merupakan tumbuhan semak, semusim, dengan tinggi biasanya hanya mencapai 1 meter saja. Batangnya merupakan batang semu, terdiri dari pelepah daun, tegak, dengan permukaan licin, berbentuk rimpan, dan berwarna hijau muda.

Temu giring memiliki perbungaan majemuk, berambut halus, panjang 15-40 cm, hijau muda, ujung bulat, pangkal runcing, dan rimpang dengan irisan berwarna kuning. Braktea atau daun pelindung hijau muda pada bagian bawah, merah muda pada bagian atas, pangkal meruncing, ujung membulat, mahkota bunga dan kelopak kuning muda.

Bagian tanaman ini yang dijadikan obat yaitu rimpang. Temu giring berkhasiat sebagai obat cacing, mengandung piperazin sitrat, yang diketahui dapat menangkal serangan cacing gelang (Ascaris).


Berikut ini adalah resep obat temu gring untuk cacingan pada anak:

Sediakan 20 gram rimpang temu giring untuk anak usia 3-8 tahun atau 40 gram untuk anak usia 9-12 tahun. Rebus rimpang dalam segelas air, tambah dengan sedikit garam. Setelah air mendidih dan tersisa setengahnya, angkat, saring, lalu minumkan pada anak dua jam sebelum sarapan pagi. Lakukan selama 5-7 hari.

Selain sebagai obat cacingan pada anak, temu giring dapat pula dibuat sebagai obat tradisional untuk penyakit lainnya, yaitu:

- Disentri

Ambil satu jari rimpang temu giring, tambahkan 5 gram daun (muda) delima putih, 3 biji adas manis, 1 jari pulosari, dan 1 siung bawang merah. Tumbuk semua bahan hingga halus, tambahkan secangkir air panas, peras, dan saring. Minum air perasannya, dan lanjutkandengan berkumur air teh hangat.

- Luka

Ambil satu jari rimpang temu giring lalu parut. Campur parutan rimpang tersebut dengan sedikit santan dan tawas. Bentuklah menjadi seperti tapal, lalu lekatkan pada kulit yang luka.

- Bau Badan

Ambil 1/2 jari rimpang, cuci bersih, kemudian seduh dengan 100 ml air panas. Diamkan selama 5 menit, lalu saring. Minum airnya sehari sekali dan lakukan secara rutin selama seminggu.

- Campak

Sediakan 2 gr temu giring, 3 gr herba benalu kelor, 4 gr daun cangkring, dan air secukupnya. Cuci semua bahan, lalu masukkan ke dalam 110 ml air. Didihkan selama 15 menit, lalu saring dan peras sampai mendapat 100 ml. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml.

Sumber: Buku 226 Kitab Tanaman Berkhasiat Obat oleh Tandi Harbie

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel